Asal Usul Batu Zamrud Kalimantan

batu-zamrud-kalimantan

Siapa yg tidak pernah mendengar perihal Batu Zamrud Kalimantan. Nyaris semua orang-orang di Indonesia ataupun Internasional tidak asing lagi dengan yang namanya Zamrud. Zamrud adalah batu permata atau batu mulia kelas II yang berwarna hijau hingga hijau tua. Zamrud termasuk juga mineral silikat beril (memiliki kandungan beryllium) serta warna hijaunya dikarenakan oleh kelumit kromium. Ada vanadium serta besi yang mengikuti kelumit kromium bakal mengakibatkan macam zona pada warna hijau itu. Kekerasan zamrud termasuk juga rapuh (7, 5 dalam taraf Mohs). Meskipun termasuk rapuh, Zamrud masuk juga sebagai kelompok batu Mulia papan atas lantaran banyak di cari orang serta harga dapat sangatlah mahal saat potongan Zamrud jadi octogonal atau heart.

Batu Zamrud Kalimantan sudah lama populer bakal keindahan bentuk serta warnanya. Bangsa Mesir kuno dipercayai juga sudah memakai batu ini juga sebagai perhiasan untuk Raja serta Bangsawan mereka. Maharaja serta Maharani India juga memakai batu zamrud kalimantan juga sebagai hiasan pada mahkota mereka.

Beberapa orang masa dulu menghubungkan batu Zamrud dengan Dewi Yunani kuno, Venus atau Dewi Cinta serta Kecantikan yang bertugas melindungi pasangan dari ketidaksetiaan. Saat hati setia, Batu Zamrud bakal pancarkan warna hijau yang jernih, walau demikian saat hati tak setia, warnanya bakal memudar atau meredup.

Batu Zamrud juga sudah lama jadikan juga sebagai lambang harapan. Batu ini dapat dikira juga sebagai batu nujum oleh beberapa orang. Selanjutnya, Batu Zamrud diakui bisa menentramkan pikiran yang tengah kacau, tingkatkan ingatan serta keceerdasan dan sangat mungkin penggunanya untuk memikirkan dengan cara lebih jernih tentang saat lantas, saat ini serta hari esok. Batu zamrud dapat membawa akal budi serta kebijaksanaan untuk penggunanya. Batu ini oleh orang-orang India diakui bisa membawa nasib baik dan kekayaan. Diluar itu, bangsa Inca serta Aztec di Amerika Selatan berasumsi batu permata ini juga sebagai batu suci serta memakainya untuk beragam ritual.

Terdapat banyak negera penghasil zamrud kwalitas tinggi salah satunya : Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia serta Brasil

Beberapa pengguna batu ini memiliki kepercayaan batu yang dikenakannya bakal membawa keberuntungan. Serta tidak tidak sering kita saksikan beberapa pelaku bisnis banyak yang menggunakan Zamrud juga sebagai batu yang paling disayangi mereka. Batu zamrud sangatlah tidak sama dengan batu mulia yang lain, terkecuali tahan panas juga tak gampang beralih warna, tetapi termasuk batu yang gampang pecah (rapuh) dengan taraf kekerasan 7, 5 Mohs (taraf 10).

Batu ini termasuk rapuh serta tak sekeras Safir atau Ruby yang mempunyai tingkat kekerasan nyaris 9 Mohs (taraf 10). Hingga harga batu Zamrud dengan bentuk cuting lebih mahal di banding Zamrud yang diolah berbentuk umum. Warna keindahan Zamrud ini dengan cara sepintas mempunyai kemiripan dengan Giok, serta Batu Bacan (datang dari pulau Bacan-Indonesia Timur) yang mempunyai warna basic hijau. Namun apabila ditelisik lebih jauh bakal serat serta pancaran warnanya, Zamrud sangatlah mempunyai keindahan di banding dengan giok maupun Batu Bacan (kritokola Bacan)