Asal Usul Tuyul dan Cara Menangkapnya

asal usul tuyul

Tuyul serupa seperti anak kecil, mereka bukan manusia melainkan makluk gaib yang tidak bisa dilihat manusia biasa. Mereka tidak mengganggu, menakut-nakuti atau membuat orang sakit, sebaliknya mereka sangat disenangi oleh manusia karena membuatnya jadi kaya.

pesugihan tuyul

Masyarakat Indonesia sudah mengenal tuyul sejak lama. Dibilang tuyul adalah makluk seperti anak kecil yang sukanya mencuri uang.

Supaya bisa memerintah tuyul untuk mencuri uang ini, pemilik pesugihan tuyul harus menjalin kerjasama dengan jin. Serta menyanggupi syarat apa saja untuk memelihara tuyul ini.

Syarat untuk memiliki peliharaan tuyul salah satunya adalah bersedia menyusui tuyul seperti anaknya sendiri. Langsung dari puting susu wanita.

Asal Usul Tuyul

Banyak mitos yang beredar seputar asal usul tuyul, seperti pandangan islam berikut ini:

  • Sudut Pandang Islam

Dilihat dari sudut pandang agama Islam, tuyul sangat erat kaitannya dengan Azazil putra iblis yang sangat pandai dalam hal penelitian. Dengan penjelasan yang ada di dalam Alqur’an, tuyul merupakan makhluk yang tercipta dari segenggam daging atau segumpal darah yang berasal dari aborsi anak-anak dari golongan manusia yang penuh dosa berhasil dan diciptakan oleh Azazil untuk menjadikannya sebagai anak buah.

Janin yang belum mempunyai roh tersebut kemudian diisi oleh para jin dan syetan yang merupakan kelompok Azazil sendiri. Hal tersebut digunakan untuk menyesatkan para manusia yang sedang bermasalah dengan ekonomi.

Nah dari situlah tuyul dikenal sebagai hantu yang handal dalam soal curi mencuri uang. Bagi manusia yang lupa dengan Tuhannya pasti mereka tergiur dengan kemampuan sosok tuyul yang pandai mencuri uang.

  • Menurut cerita yang beredar

Hantu tuyul ini berasal dari janin manusia yang mati sebelum dilahirkan. Kejadian tersebut dimanfaatkan oleh pelaku pesugihan yang memanggil sosoknya melalui ritual tertentu.

Ritual itu sekaligus menjadi “perjanjian” antara pelaku dan sosok tuyul dalam pesugihan yang menjadi tujuan mereka.

Dalam kepercayaan masyarakat Indonesia, kebiasaan tuyul mencuri uang tak terlepas dari adanya manusia yang memanfaatkannya sebagai jalan pintas untuk cepat kaya (pesugihan).

Cara Menangkap Tuyul

Untuk cara ini mudah untuk dilakukan, meskipun tuyul tidak tertangkap. Setidaknya tuyul tidak jadi untuk mencuri uang. Begini caranya.

  1. Pertama siapkan 2-3 ekor anak yuyu yang masih hidup,
  2. kedua masukkan anak yuyu ke dalam baskom yang sudah diisi air, biarkan baskom terbuka karena tuyul sangat senang bermain jika melihat anak yuyu.
  3. Ketiga letakan baskom berisi anak yuyu di tempat yang dianggap sering dilewati oleh tuyul untuk menjebaknya hingga ia keasyikan bermain yuyu dan lupa tugasnya untuk mencuri uang.

Jika airnya bergerak sendiri atau yuyu nya bergerak sendiri maka itu artinya tuyul sudah terjebak disana. Cara menangkap tuyul dengan bantuan yuyu adalah cara yang paling simpel dan terbukti berhasil menangkal tuyul agar tidak mencuri uang lagi.