Pentingnya Menguasai Ilmu Ikhlas untuk Hidup yang Lebih Bahagia

ilmu ikhlas dalam cinta,

Salah satu ilmu yang sulit untuk diamalkan adalah ilmu ikhlas. Meskipun ini menjadi salah satu ilmu yang sangat dielu-elukan, namun faktanya hanya sedikit orang yang menguasainya apalagi mengamalkannya. Padahal ini merupakan salah satu faktor penting untuk mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan dalam hidup sekaligus tiket utama untuk ke akhirat.

Seseorang yang ikhlas dalam beribadah akan mendapatkan pahala lebih besar, mereka juga biasanya akan terbiasa menerapkan ilmu iklas dalam kehidupan sehari-hari dan dalam bermasyarakat. Mereka yang memiliki ilmu ikhlas dan mengamalkannya tidak akan murah marah atau emosi, mereka yakin bahwa semua yang terjadi tidak lain adalah karena kehendak dari Tuhan.

Orang yang ikhlas juga cenderung lebih mudah memaafkan, tidak dendam. Sehingga jangan heran jika orang ikhlas akan lebih disukai dan bahkan tidak memiliki musuh. Bahkan orang yang dengki sekalipun akan berpikir dua kali.

Sebaliknya, apabila seseorang tidak memiliki dan tidak mengamalkan ilmu ikhlas, maka mereka akan cenderung mudah emosi, pendendam dan hidupnya tidak tenang. Demikian juga dalam beribadah, mereka cenderung riya atau pamrih. Sehingga tidak mendapatkan pahala apapun kecuali pujian manusia sebagaimana yang dharapkannya.  Celakalah mereka yang tidak memiliki ilmu iklas karena tidak ada keberuntungan dan ketenangan hidup baginya.

Ikhlas begitu identik dengan pasrah, namun tentu saja keduanya berbeda. Ikhlas adalah menyerah setelah berusaha maksimal, sedangkan pasrah berarti menyerah sebelum melakukan usaha apapun. Untuk bisa memiliki hati yang ikhlas, ada beberapa hal yang dapat Anda upayakan, berikut diantaranya:

Senantiasa bersyukur

Selalu bersyukur atas nikmat dan karunia Allah akan mebuat Anda lebih tenang, cara ini juga akan membebaskan Anda dari rasa iri dan dengki atas pencapaian orang lain. Orang yang ikhlas tidak akan mudah mengeluh dan menjalani hidup dengan penuh kegembiraan serta optimistis. Untuk menjadi orang yang bersyukur, cara mudahnya adalah dengan melihat ke bawah, kepada orang yang tidak seberuntung kita.

Menyadari bahwa semua adalah titipan yang suatu saat akan diambil pemiliknya

Kita lahir di dunia ini tanpa mmebawa suatu apapun kecuali tangisan. Jangan berlebihan dalam mencintai sesuatu atau seseorang, yakinilah bahwa apapun yang kita miliki saat ini merupakan titipan dari Tuhan yang suatu saat nanti pasti akan diambil.

Meyakini semua yang terjadi adalah kehendak Allah

Kebaikan dan keburukan, semuanya terjadi hanya karena kehendak Tuhan. Percayalah bahwa semua yang terjadi adalah yang terbaik bagi Tuhan.

Membesarkan hati

Hibur diri sendiri, berikan motivasi dan alasan untuk tetap tegar dalam setiap kondisi membuat Anda lebih kuat dan ikhlas dalam menghadapi permasalahan hidup.

KONSULTASI SILAHKAN HUBUNGI KAMI